Rabu, 04 April 2012

Posisi Elemen di Tengah dengan CSS



Dalam mebuat halaman web, terkadang kita ingin memposisikan elemen halaman agar berada tepat ditengah. Ada dua metode untuk mengatur posisi elemen agar berada di tengah. Pertama, menggunakan metode margin auto untuk posisi elemen di tengah secara horizontal. Ke dua, menggunakan margin negatif dan posisi absoulut untuk posisi elemen berada di tengah secara secara vertikal maupun horizontal.

Posisi di Tengah Secara Horizontal
Menerapkan nilai margin auto pada sisi kiri dan kanan akan membuat elemen berada di tengah secara horizontaL Katakanlah bahwa margin auto merupakan margin otomatis yang bisa menyesuaikan diri. Dengan menerapkan margin auto, elemen seolah-olah akan menjauhkan dirinya sejauh-jauhnya dar sisi kiri dan kanan sehingga elemen di antaranya akan diam di tengah:

#page-wrap  {
width: 300px;
height: l000px;
margin:0px auto;
}



Posisi di Tengah secara Horizontal dan vertikal

Caranya dengan menerapkan posisi absolut pada elemen. Atur nilal top dan left sebesar 50% (gambar pertama), kemudian tarik kembali elemen menuju ke tengah dengan menuliskan nital margin-top dan margin-left sebesar setengah dari tinggi dan lebar elemen dengan nilai negatif (gambar ke dua): 

#page-wrap  {
width: 300px;
height: 240px;
position: absolute;
left: 50%;
top: 50%;
margin-left:-150px;   
margin-top:-120px; 
}



 source : hompimpaalaihumgambreng.blogspot.com
 

0 comments:

Posting Komentar